Deretan Musisi Pembela Hak – Hak LGBT

Simbol LGBT

Saat ini isu LGBT sangat gencar digaungkan dibeberapa belahan negara di dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri isu LGBT menjadi pro & kontra di dalam masyarakat Indonesia. Namun berbeda dengan negara Amerika dan Eropa, mereka secara terang – terangan membela hak kaum LGBT meski mereka yang membela bukan penyuka sesama jenis. Beberapa yang mendukung hak kaum LGBT diantaranya adalah para musisi terkenal. Dilansir dari jpnn.com ( 25/1/2018 ), berikut deretan musisi yang membela hak – hak lgbt.

1. Dan Reynolds, Imagine Dragons

Dan Reynolds sempat menerima surat dari seorang penggemarnya yang seorang gay pada 2012. Reynolds juga meluncurkan festival Love Loud tahun ini di Utah untuk mengumpulkan jajaran seniman dan pembicara dengan tujuan mengatasi penyebab utama kematian di kalangan remaja LGBT karena bunuh diri.

” Menjadi gay itu indah, benar, dan sempurna. “

2. Martin Garrix

Martin Garrix termasuk salah satu musisi yang diminta oleh Billboard sebagai bagian dari Month Pride untuk menulis surat cinta ke komunitas LGBT, dan Martin Garrix  termasuk salah satu yang berbagi cinta dan dukunganya.

3. Jay – Z

Jay – Z menuai kritikan pedas saat albumnya 4:44 masuk nominasi Grammy Awards. Kritikan itu datang karena salah satu lagu dalam album tersebut yang berjudul Smile menggambarkan orientasi seksual ibunya.

“ Kita tidak pernah berbicara tentang dia ( ibunya menjadi gay ). Sampai, seperti baru – baru ini, kita mulai melakukan percakapan indah ini dan benar – benar saling mengenal. “ ujarnya.

4. Harry Styles

Pada pembukaan tournya di San Francisco, Harry Styles mengikatkan bendera pelangi di mikrofonnya. Lalu mengibar – ngibarkan bendera itu di akhir pertunjukannya. Ini sebenarnya bukan pertama kalinya penyanyi tersebut memasukkan sentimen LGBT ke dalam pertunjukan live nya. Saat masih bersama One Direction Harry Styles juga sempat memakan simbol LGBT sebagai cape selama pertunjukan di tahun 2015.

5.  Zayn Malik

Mantan Personel One Direction ini dalam sebuah wawancara dengan majalah Paper mengatakan adalah sebuah kehormatan dinilai menarik oleh seorang laki – laki.

“ Jika perempuan menganggap saya menarik, maka hal itu adalah hal yang keren. Jika laki – laki menemukan saya menarik, maka itu hal yang keren juga. Saya diberkati oleh siapapun yang berada di atas sana untuk menjadi diri saya dan dapat melakukan apa yang saya lakukan. Aku benar – benar bermaksud begitu. “ katanya ketika itu.

6. Nick Jonas

Nick Jonas banyak mendapatkan tuduhan yang mengatakan bahwa di seorang gay. Tetapi, memang tidak bisa dibantah bahwa dia seperti juru bicara dari komunitas tersebut. Misalnya, mulai dari bermain disebuah drama Scream Queens and Kingdom hingga memilih tampil di bar gay London di depan Drag Queen. Hal itu membuat Nick Jonas semakin jelas menunjukkan dirinya sebagai sekutu yang solid untuk kelompok LGBT.

7. Lil Yachty

Pada bulan April yang lalu, rapper Lil Yachty merilis cover untuk albumnya Teenage Emotions. Dalam foto itu menampilkan sepasang kekasih muda yang gay yang sedang berciuman. Dia juga mengenakan pakaian warna pelangi. Namun kemudian Lil Yachty menjelaskan tentang cover almbunya tersebut di Instagram. Dia menyatakan bahwa cinta adalah milik semua orang.

“ Jika anda menderita Vitiligo atau jika anda gay atau apapun itu, peluklah dirimu, cintai dirimu. Jadilah bahagia, jadilah positif. “ ujarnya.

8. A$AP Rocky

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2013, rapper tersebut menyuarakan tentang perlunya hip – hop untuk lebih menerima isi keberagaman.

“ Misalnya satu isu besar hip – hop adalah tentang gay. Ini 2013, sayang sekali sampai hari ini topik tersebut membuat orang tertarik ( membicarakannya ). Ini gila. “ katanya saat itu.

9. Garth Brooks

Garth Brooks adalah seorang penyanyi country. Dia memenangkan GLAAD Award untuk lagunya We Shall Be Free dan tampil bersama George Michael di konser Equality Rocks pada tahu 2000. Dia memuji saudarinya yang menjadi lesbian. Oleh karena itu, dia mulai menyuarakan mengenai kesetaraan untuk kaum LGBT.

10. Childish Gambino

Donald Glover atau yang lebih dikenal dengan nama Childish Gambino ini selalu berusaha untuk melawan stereotip rap dari album debutnya di tahun 2011, termasuk pandangan homoseksualitas dalam budaya laki – laki kulit hitam. Dalam sebuah wawancara, dia mempertanyakan mengapa pria kulit hitam harus selalu terlihat dan bersikap macho.

“ Orang kulit hitam sangan sering berjuang dengan maskulinitas. Gagasan bahwa kita harus selalu kuat benar – benar menekan kita semua. Itu membuat kita tidak berkembang. “ ungkapnya. 

Dia juga termasuk musisi yang membela lagu Macklemore Same Love, dimana mengutamakan kebebasan dalam cinta.

“ Anda dapat mengatakan apa yang anda inginkan tentang Macklemore, tapi dia tetap berdiri untuk sesuatu. Itulah yang membuatnya besar. “ lanjutnya.

11.  Macklemore

Lagu milik rapper ini selalu menjadi lagu kebangsaan bagi kaum LGBT. Lagu Same Love ini menjadi mega – hit pada tahun 2012. Sesaat sebelum legalisasi pernikahan gay di Australia, pada bulan oktober Macklemore dianggap menyuarakan perihal kesetaraan dalam cinta ketika menyanyikan Same Love di Pregame National Grand Junior Rugby. 

Tak lama sebuah petisi pun beredar untuk memboikot pertunjukan tersebut. Hasilnya terkumpul 18,000 tanda tangan. Tetapi, Liga Rugby Nasional di Australia mengabaikan tekanan untuk membatalkan penampilan tersebut.

12.  The Chainsmoker 

Baru – baru ini, The Chainsmoker muncul bersama penyanyi Demi Lovato dan Britney Spears. Mereka muncul dalam sebuah video musik dari penyanyi dan penulis lagu asal Brazil, Yann. Lagu yang berjudul Igual itu menceritakan tentang kekerasan terhadap orang – orang LGBT di Brazil. Sebelumnya, dalam sebuah video yang dibuat dalam kemitraan Billboard dan GLAAD mereka juga muncul untuk menyuarakan perlawanan terhadap larangan militer terhadap kaum transgender oleh presiden Trump. 

Selain The Chainsmoker, musisi yang turut ikut menyuarakan perlawanan tersebuat antara lain Ariana Grande, Lady Gaga, Madonna, Miley Cyrus, Lana Del Rey, Rihanna, Beyonce, Kelly Clarkson, Kelima Harmoni, Katy Perry, P!Nk, dan Diana Ross.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *